Sabtu, 16 Mei 2009

Artikel 3

‘Siaran’ Ipod di Radio FM Anda!

Tersiar rumor bahwa iphone dan ipod touch generasi terbaru yang akan diluncurkan Apple sekitar Juni atau Juli 2009 ini akan dilengkapi dengan kemampuan penerima siaran radio FM biasa. Ada dugaan bahwa Apple akhirnya akan memenuhi permintaan ramai pihak untuk menambahkan fitur penerima radio di produk pemutar mp3 mereka itu.

Orang radio mungkin akan bilang: “Ah, akhirnya ada pengakuan bahwa radio masih diperlukan di jaman ipod seperti sekarang, kan?” Buktinya Apple akhirnya ‘menyerah’ dan memasang penerima FM di ipod mereka. Sesuatu hal yang dari dulu mereka hindari kendati produk MP3 player lain seperti Creative sudah dari dulu melakukannya.

Tapi mungkin tidak sepenuhnya orang radio boleh ge er. Iphone dan ipod touch model baru ini kabarnya akan dipasangi chip model baru yang selain bisa menerima sinyal FM, juga akan bisa memancarkan sinyal FM! Ya, MEMANCARKAN!

Apa artinya? Jika ini benar maka kelak iphone dan ipod touch generasi terbaru itu akan bisa memancarkan sinyal FM dan suaranya akan bisa ditangkap dengan radio FM dengan kualitas yang cring! Dengan kata lain, radio FM yang kita punya itu kelak akan bersaing dengan stasiun-stasiun radio dalam artian sebenarnya.

Bayangkan anda menyalakan ipod, mengaktifkan FM transmitternya, mencari gelombang FM yang kosong dan mencocokkan gelombang FM di ipod/ iphone itu dengan radio FM anda. Jadilah radio anda itu ‘menyiarkan’ lagu-lagu yang pastinya lagu pilihan anda, tanpa iklan, tanpa jeda.

Dengan kata lain, penerima radio FM kita ini akan berubah jadi speaker belaka buat ipod. Tapi bayangkan dampaknya.. Sambil nongkrong bareng, kita bisa berbagi ‘siaran’ dari ipod/iphone kita dengan kawan-kawan di sekitar kita. Konsep siaran akan benar-benar menjadi sempit (narrow casting). Radio di mobil mungkin saja tidak lagi disetel untuk mendengarkan morning show kesayangan kita, tapi justru di setel ke gelombang FM di ipod yang memutar lagu-lagu yang moodnya sudah disesuaikan dengan suasana pagi dan suasana hati.

Inikah mimpi buruk orang radio yang akan jadi kenyataan?

Bisa dibilang begitu. Kalau kabar ini benar, maka saya pribadi menganggap ini akan menjadi tantangan terberat bagi siaran radio terrestrial. Tapi buat pencinta radio seperti saya, ada satu hal yang tidak akan pernah bisa digantikan oleh Ipod, yakni kecepatan dan pertemanan.

Ini karena saya tidak mendengarkan radio untuk lagu semata, melainkan juga informasi. Di bidang ini, radio tetap punya kelebihan di banding media lain yaitu kecepatan menyajikan informasi terbaru. Radio juga bisa menjadi teman setia yang fungsinya tidak bisa digantikan oleh benda mati bernama ipod karena bagaimanapun ada unsur manusia disitu.

Tapi itu kan kata saya yang sudah nyaris bangkotan dan memang dilahirkan di era radio. Tantangannya justru adalah bagaimana membuat generasi yang lahir di era ipod dan internet untuk tetap mendengarkan siaran radio kita.

Siapkah kita orang radio mengantisipasi itu?

Bagi saya pribadi mengantisipasinya hanya bisa dilakukan dengan memfokuskan diri pada konten, konten dan konten, baru kemudian mengintegrasikannya dengan perkembangan teknologi.

Kalaupun ada pihak yang harus benar-benar khawatir dengan teknologi baru dari Apple ini, menurut saya itu adalah orang-orang yang masih sibuk memubazirkan investasi waktu dan dana untuk memikirkan pengembangan radio digital atau DAB atau apapun namanya dan melupakan konten.

Ah tapi itu kan cuma pendapat saya yang dilahirkan di era radio AM dan FM.


sumber: http://indonesian.dreamhosters.com/page/2/

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Home Improvement.